Selasa, 13 Desember 2011

Materi UAS Kls 9

Salam untuk semua sudah lama sekali tidak update di web-blognya SMPN 30 Surabaya ini. kali ini kami hanya menyajikan materi UAS untuk kelas 9 yang merupakan rangkuman yang telah kami buat khusus untuk siswa kelas 9

INTERNET

1. Pengertian Dasar Internet

Internet kepanjangan dari “Interconnected Network”, yaitu salah satu system teknologi informasi dan komunikasi yang dapat menghubungkan jaringan computer sampai ke pelosok dunia dengan berbagai macam type computer dan spesifikasinya. Internet adalah suatu media informasi dan komunikasi yang terhubung melalui jaringan computer untuk melakukan interaksi baik melalui teks, grafis, maupun suara yang mempunyai jangkauan sampai pelosok dunia, maka dari itu setiap access situs pada internet selalu diawali dengan “www” (world wide web).

2. Fasilitas dan Aktivitas di Internet

a. ISP (Internet Service Provider)

Yaitu suatu perusahaan yang menyediakan jasa internet, seperti Telkomnet, Radnet, Indonet,Meganet

b. Browsing atau Surfing

Yaitu kegiatan untuk melihat situs-situs (alamat), atau membaca e-mail dan lain-lain pada internet dengan tanpa melakukan transaksi. Kegiatan ini umumnya dilakukan melalui Internet Explorer atau Netscape Communicator.

c. Searching

Yaitu kegiatan untuk mencari data atau informasi pada situs tertentu. Situs searching yang paling popular adalah www.google.com.

d. Chatting

Yaitu kegiatan berkomunikasi langsung (dialog) baik dalam bentuk teks maupun suara di Internet yang sama-sama sedang on-line. Untuk melakukan chatting terlebih dahulu harus diinstall program tertentu yang memfasilitasi kegiatan Chatting seperti mIRC dengan situs www.mirc.com/get.html, Yahoo! Messanger atau Windows Messanger dengan situs www.messenger.yahoo.com.

e. E-mail

Yaitu fasilitas untuk surat menyurat. Bisa dilakukan melalui Yahoo.com, Hotmail.com, Mailist.com dll.

f. Voicemail

Mengirim atau menerima berita pada internet dengan suara

g. Mailis (Mailling List)

Adalah fasilitas untuk berdiskusi melalui internet yang dikendalikan oleh server mailing list.

h. Download

Adalah proses untuk mengambil/mengcopy suatu file atau software bebas dari internet ke computer kita.

i. Upload

Merupakan kebalikan dari download, yaitu kita menyediakan suatu file yang memungkinkan diperlukan oleh pengguna internet lain.

j. Link

Adalah hubungan antar obyek baik berupa teks maupun gambar (Website, E-mail, dll.)

3. Perangkat Keras dan Perangkat Lunak yang diperlukan dalam Mengakses Internet

Akses internet dapat dilakukan melalui computer dan HP, jika dilakukan dengan HP selain biaya pulsa lebih mahal, display atau tampilannya lebih kecil, sehingga tingkat kepuasan pengguna sangat kurang. Dibawah ini adalah panduan berinternet dengan computer.

a. Perangkat Keras (Hardware)

Computer yang diperlukan minimal memiliki spesifikasi sebagai berikut:

v Prosesor Pentium 233 MHz (Pentium I)

Agar proses akses lebih cepat karena semakin banyaknya pengguna internet, sebaiknya digunakan Pentium III atau IV

v Memory (RAM) 32 MB

Memori lebih tinggi semakin baik, misalnya 64MB, 128MB, 256MB dst.

v Harddisk dengan kapasitas 2,1 GB

Agar dapat download file/driver/software dll, sebaiknya kapasitas harddisk ditinggikan, misalnya 10GB; 20GB; 40GB dst.

v VGA Card 2MB

VGA (Video Graphic Adapter) semakin tinggi maka proses loading terutama yang berkaitan dengan grafis/gambar akan lebih cepat. Missal 8MB; 16MB; 32MB; 64MB dst.

v Monitor VGA

Akan lebih baik jika monitor yang digunakan Super VGA yang mempunyai resolusi tinggi (tingkat kerapatan pixcel), sehingga gambar-gambar yang ditampilkan akan terlihat lebih halus

v Modem

Modem yang digunakan sebaiknya memiliki kecepatan minimal 28.000 bps (bit per second). Modem ada yang internal dan eksternal.

v Keyboard dan Mouse

v Saluran Telepon atau Handphone baik GSM maupun CDMA

v Dan Perangkat Asesoris lainnya namun bukan hal yang mutlak, misalnya: CD-ROM, Soundcard, Speaker dll.

b. Perangkat Lunak (Software)

Untuk dapat mengakses Internet software yang diperlukan adalah:

« System Operasi, misalnya: Windows 95, Windows 98, Windows Me, Windows 2000, Windows NT, Windows XP, Mac OS dari Macintosh dan Linux.

« Program-program Browser seperti Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozila Firefox, Opera dll.

« Selain program-program browser kita juga memerlukan ISP (Internet Service Provider) misalnya Telkomnet Instant, Radnet, Indonet, Centrin, CBN dll.

4. Mengenal Ukuran Kecepatan Akses Internet

Kecepatan akses internet diukur dengan satuan bps (bits per second). Agar akses di internet bisa maksimal, ada beberapa hal yang sangat dominant antara lain :

a. Type Komputer (Processor)

Computer Pentium IV jelas lebih cepat dibandingkan dengan Pentium III, II dan I. Khususnya Processor, Memory, VGA Card dan Harddisk, semakin tinggi Speed/kapasitasnya, maka akan semakin cepat proses akses ke internet.

b. Modem (Modulation Demodulation)

Modem adalah suatu alat koneksi atau transfer data dari satu computer ke komputer lain melalui jaringan telepon baik dari telkom maupun sellular (Handphone/HP).

Modem berfungsi untuk mengubah aliran data dari computer menjadi sinyal-sinyal telepon atau sebaliknya. Pada HP (khususnya merk yang terbaru), baik CDMA maupun GSM, di dalamnya sudah terdapat modem, sehingga untuk akses internet tidak perlu harus menambah alat modem, tetapi diperlukan kabel data koneksi USB dari HP ke computer. Disini yang di bahas koneksi internet melalui jaringan kabel telepon (telkom), maka diperlukan modem. Modem ada dua macam, yaitu internal letaknya di dalam CPU dan eksternal yang letaknya diluar CPU.

Modem Internal harganya lebih murah namun proses aksesnya lebih lambat.

Modem Eksternal proses aksesnya lebih cepat dan bisa dipindah ke computer lain tanpa harus membongkar CPU, namun harganya jauh lebih mahal bisa 5-6 kali dari harga modem internal.

Speed/kecepatan modem yang bisa dipakai mengakses internet minimal adalah 28.800 bps. Saat ini kecepatan modem yang tertinggi adalah 56K bps sesuai dengan kecepatan maksimal ISP.

Belakangan ini sedang gencar-gencarnya dipromosikan speedy yang memiliki kecepatan maksimal 384K bps dan bahkan dengan jaringan 3G bisa lebih cepat lagi.

5. System Jaringan(Networking) di internet

Persyaratan minimal yang dapat digunakan untuk koneksi ke internet adalah:

· Saluran komunikasi misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps), atau Dial-up Connection (±40 Kbps), atau saluran lain misalnya satelit

· ISP(Internet Service Provider), untuk akses yang memadahi disarankan untuk memilih ISP yang memiliki bandwith terbesar, dan memiliki dua account dari ISP yang berbeda, dengan maksud untuk ISP backup.

* ok. kalian juga bisa mencari materi tentang jaringan komputer melalui internet selamat mencari dan selamat belajar semoga nilainya diatas KKM semua, amin.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum pak.
    saya "Pramono" alumnus smpn 30 surabaya. masih ingat dengan saya kan pak? Pak kenapa situs smpn30surabaya masih menggunakan blogspot?
    Saya mau menawarkan diri untuk membantu pembuatan websitenya,dengan berbagai macam fitur yang semoga bisa membuat smpn 30 surabaya semakin baik lagi.
    bisa menggunakan free domain atau menggunakan domain yang bisa di beli secara pribadi. :)

    sekarang saya ikut mengembangkan website "DhikaKomputer.Com" "DhikaMedia.Info" dan "ShCrew.Us"

    silahkan bapak cek terlebih dahulu.

    jika ada pertanyaan bapak bisa kontak saya via email ke : pr4m.site@gmail.com atau kontak hp saya di nomer 0857-3021-7726


    Sekian.
    Wass.

    BalasHapus