Senin, 21 Desember 2009

Reportase Warcil SMP 30

MULIANYA 10 DZULHIJJAH


Tanggal 10 Dzulhijja merupakan hari raya Idhul adha, Hari Idhul adha merupakan hari yang mulia bagi umat islam sedunia, karna pada hari itu umat islam sedunia ber Qurban bagi yang mampu, perayaan Idhul Adha biasanya di laksanakan dengan penyembelian hewan qurban dan pembagian daging qurban, sama halnya umat muslim lainnya di SMPN 30 juga dilaksanakan perayaan hari raya qurban di antaranya;

1> Sholat Idhul Adha bersama di masjid

2> Penyembelihan hewan qurban

3> Pembagian daging hewan qurban

Sholat Idhul Adha dilaksanakan tepat tanggal10 Dzulhijja, peserta sholat Idhul Adha tahun ini yaitu Bapak dan Ibu guru serta para murid SMPN 30 serta aja juga para wali murid yang kebetulan mengantarkan murid SMP 30.

Penyembelihan hewan qurban pada tahun 2009 ini dilaksanakan setelah sholat Idhul Adha dengan penyembelihan 3 ekor sapi dan 18 ekor kambing, menurut coordinator acara ini ( ibu Laili) sumbangan uang maupun sumbangan hewan qurban tahun sebelumnya dengan tahun sekarang lebih banyak tahun sekarang. Siswa yang menyumbang hewan qurban da sekitar 15 anak. Dan 3 ekor kambing didapatkan dari hasil sodaqoh siswa-siswi kelas 7,8, dan 9. Sedangkan 3 ekor sapi didapat dari: 1 ekor sumbangan siswa, 1 ekor dari sodaqoh bapak/ibu guru, dan yang seekor sapi didapat dari sodaqoh siswa yang mendapatkan kupon sendiri.

Penyembelihan hewan qurban ini dilaksanakan setelah sholat iedul fitri selesai. Penyembelihan ini bertempat di tempat parker sepeda siswa. Di tempat penyembelihan juga tampak para osis yang memakai rompi hijau membantu kelancaran berjalannya acara ini.

Setelah disembelih daging dan kulit hewan ini dipisah di depan ruang koperasi. Tepat pukul 09.30 wib diadakan pembagian daging hewan qurban. Daging hewan qurban ini dibagikan pada siswa yang berhak menerimanya serta warga sekitar yang kurang mampu. Tak hanya warga sekitar dan para siswa yang berhak menerima mendapat jatah daging hewan qurban, bapak/ibu guru dan panitia penyembelihan juga mendapat daging hasil penyembelihan ini dengan ukuran yang sama dengan yang diterima para murid yang kurang mampu. By: Atika/8E

BUKTI CINTA PADA TUHANKU

Tanggal 27 November 2009 / 10 Dzulhijjah 1430 H, adalah hari dimana semua umat muslim di dunia memperingati pengorbanan Nabi Ibrahim a.s. tepatnya sering disebut dengan Hari Raya Idul Adha. Setiap sekolah pasti memperingati hari ini dengan cara yang berbeda – beda. Salah satunya SMPN 30 Surabaya.

SMPN 30 Surabaya memperingati hari ini dengan berbagi sesama umat muslim yaitu dengan melakukan qurban, hewan qurbannya ini berasal dari sumbangan para siswa dan guru. Selain sumbangan ada juga yang berasal dari salah seorang murid dan guru berupa seekor hewan qurban.

Walau tanpa kehadiran Ibu Kepala Sekolah, acara ini dapat berjalan dengan lancar. Kelancaran acara ini didukung oleh persiapan dari para koordinator yang telah berpengalaman. Selain para koordinator, para OSIS ikut terjun langsung ke lokasi tanpa ragu.

Acara ini sangat membantu untuk mempererat tali persaudaraan antar umat muslim. Bukti atas kesuksesan acara ini adalah semakin melimpah qorban tahun ini dibanding tahun – tahun sebelumnya. Daging qorban ini diserangkan kepada siswa yang kurang mampu dan masyarakat kurang mampu sekitar sekolah.

Dan semua ini adalah bukti bahwa seluruh warga SMPN 30 Surabaya memiliki rasa cinta kepada sesama, para Nabi a.s dan Tuhan yaitu ALLAH semata.

By: Siti Hotijah/8B

10 DZULHIJJAH

Pada tanggal 27 November 2009 SMPN 30 Surabaya mengadakan sholat ied bersama dan menyembelih hewan qurban disekolah, hal tersebut dilaksanakan untuk memperingati Hari Raya Idul Adha ( Hari Raya Qurban ). Pada hari raya Idul Adha tahun ini SMPN 30 Surabaya menyembelih 18 ekor kambing dan 3 ekor sapi.

Koordinator untuk acara ini adalah semua guru agama SMPN 30, OSIS dan guru lain. Tak lupa para siswa – siswi SMPN 30 Surabaya memberikan sumbangan untuk membeli hewan qurban dan ada sekitar 15 anak yang memberikan sumbangan berupa hewan qurban.

Pada saat hewan qurban akan disembelih para OSIS membantu untuk kelancaran penyembelihannya. Setelah hewan qurban disembelih para membantu untuk mengulitinya, setelah hewan tersebut dikuliti langsung dibawa kedepan koperasi untuk dipisahkan antara tulang dengan daging oleh para Ibu guru.

Setelah tulang dengan dagingnya terpisah, daging – daging tersebut ditimbang dan dimasukkan kantong plastik lalau di berikan kepada siswa yang berhak menerimanya. Tak lupa para Bapak/Ibu guru juga menerima daging tersebut dengan timbangan yang sama yang di berikan kepada para siswa.

Antusias para Bapak/Ibu guru, OSIS, siswa – siswi SMPN 30 sangat membantu kelancaran pelaksanaan sholat ied dan penyembelihan hewan qurban meskipun tanpa kehadiran Ibu Kepala Sekolah dikarenakan beliau melaksanakan rukun islam yang ke – 5, yaitu menunaikan ibadah haji ke Baitullah. By: Yusfida/8G

MELIMPAHNYA QURBAN TAHUN INI

Pada tanggal 27 November 2009 atau tepatnya tanggal 10 dzulhijjah 1430 H. merupakan Hari Raya Idul Adha. Seperti tahun-tahun sebelumnya, SMPN 30 Surabaya mengadakan kegitan sholat ied berjamaah dan penyembelihan hewan qurban.

Sholat ied dimulai kira-kira pukul 06.00 wib. Siswa-siswi diwajibkan sholat ied di SMPN 30 karna merupakan aplikasi dan ajaran atau teori dari pendidikan agama islam. Dimana, SMPN 30 sudah mempunyai masjid sendiri otomatis sebagai warga SMPN 30 harus memakmurkan keberadaan masjid dengan mlihat dimana agama dipelajari bukan hanya untuk di mengerti, melainkan juga diamalkan.

Setelah pelaksanaan sholat iedul adha, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan penyembelihan hewan qurban. Sebelum menyembelih,perlu disiapkan alat-alatnya terlebih dahulu, seperti: alat penimbangan,pisau,dsb. Yang sudah di koordinir oleh OSIS dan panitia. Panitia penyembelihan hewan qurban antara lain: semua guru agama, semua guru di SMPN 30, ditambah dengan OSIS.

Penyembelihan hewan qurban ini dilaksanakan secara suka rela dengan meminta kepada siswa untuk mampu berqurban meskipun tidak berupa hewan qurban atau istilahnya sumbangan qurban shodaqoh. Bapak dan ibu guru juga dihimbau untuk berqurban sendiri, sehingga diperoleh 1 ekor sapi. Siswa yang sudah panitia berikan melalui kupon khusus juga mendapatkan 1 ekor sapi, sehingga hewan qurban yang diperoleh adalah 3 ekor sapi dan 18 ekor kambing.

Selain sholat idul adha dan penyembelihan hewan qurban, tidak ada kegiatan yang lain. Kemudian hasil daging hewan qurban akan disalurkan kepada siswa-siswi dan warga sekitar yang kurang mampu di SMPN 30. bapak dan ibu guru juga mendapatkan bagian. Tetapi, porsinya juga disesuaikan sebatas normal seperti para siswa serta yang diterima menurut syari’at islam.

Pada tahun ini, sumbangan Qurban meningkat lebih pesat dibandingkan dengan tahun lalu. Baik dari segi keuangan maupun hewan qurban itu sendiri. Karna tahun ini, semakin banyak para siswa yang menyumbang hewan qurban, kira-kira 15 orang. Penyembelihan hewan qurban perlu diadakan karena untuk mengaplikasikan sejarah nabi Ibrahim As. Sehingga umat islam yang mampu dianjukan untuk berqurban. Manfaat dari kegiatan ini adalah lebih meningkatkan ketakwaan kita kepada ALLAH swt. Dan ikhlas untuk melaksanakan ibadah karena ALLAH semata.

By: Nurul/8G

4 komentar:

  1. spengaluh kren abiezzzzz!!!!!!

    BalasHapus
  2. gedung baru dan bagus mudah2an gak gedung rumah sakit tapi gedung spengaluh gitulho ya isinya bukan infusan tapi terpelajar gitulhooooooooooooh setuju kan kannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn (jarot subrata )

    BalasHapus
  3. Walah tmbah lama makin bagus ya smp 30 . jaya selalu .(wsb)

    BalasHapus
  4. knp cma buat site dari blogspot???
    pake domain .com kyknya lbh enk ..

    maju trus bwt spengaluh...

    BalasHapus